Semester 1
LEMBAR
KERJA SISWA 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara cirri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan
tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara
cirri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar,cicak,bebek) dan lingkungan hidupnya.
A.Lembar
kerja ke - 1
No
|
Nama Hewan
|
Ciri khusus yang dimiliki
|
Guna ciri khusus
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
|
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
|
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
|
Kesimpulan :………………………………………………………………………….…………………
……………………………………………………………………………………………………………
B.Latihan ke - 1
|
Semester 1
LEMBAR
KERJA SISWA 2
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara cirri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan
tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara
cirri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan
dan lingkungan hidupnya.
A.Lembar
kerja ke - 2
No
|
Nama Tumbuhan
|
Ciri khusus yang dimiliki
|
Guna ciri khusus
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
|
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
|
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
…………………………………
|
Kesimpulan :………………………………………………………………………….…………………
……………………………………………………………………………………………………………
B. Latihan ke - 2
|
Semester 1
LEMBAR
KERJA SISWA 3
Standar Kompetensi : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 2. 2 Mendeskripsikan ciri-ciri
perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
Anak Laki-laki
A.Lembar
kerja ke - 3
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
||
No
|
Perkembangan
primer
|
No
|
Perkembangan
primer
|
1
|
……………………..…………………
……………………..…………………
|
1
|
……………………..………………………
…………………………..………………...
|
No
|
Perkembangan
sekunder
|
No
|
Perkembangan
sekunder
|
1
2
3
4
|
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
|
1
2
3
4
|
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
……………………..…………………
|
Kesimpulan :…………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
B. Latihan ke – 3
|
Semester 1
LEMBAR
KERJA SISWA 4
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
A.Lembar kerja
ke - 4
Lengkapilah diagram berikut ini !
Kesimpulan : …………………………….…………………………………………………………
……………………………………….………………………………………………………………
B. Latihan ke – 4
|
Semester 1
LEMBAR
KERJA SISWA 5
Standar Kompetensi : 2. Memahami
cara perkembangbiakan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
A.Lembar kerja ke - 5
B. Latihan ke – 5
|
Semester 1
Latihan Ulangan Tengah Semester
____________________________________________________________________________________________________________________________
I. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf di depan jawaban
yang benar !
|
||
1
|
Hewan yang memiliki kemampuan indera pendengaran dan indera peglihatan adalah ........
|
|
a. kucing
|
c. kelelawar
|
|
b. anjing
|
d. burung hantu
|
|
2
|
Pada masa pubertas anak perempuan telah dapat memproduksi
sel kelamin betina yaitu ........
|
|
a. sperma
|
c. ovum
|
|
b. ovarium
|
d. testis
|
|
3
|
Ciri khusus yang dimiliki kelelawar berguna untuk
.........
|
|
a. menakut-nakuti musuh
|
c. mengelabuhi musuh
|
|
b. mencari pasangan
|
d. mencari makan
|
|
4
|
Tumbuhan di bawah ini yang dapat dikembangbiakkan dengan
rimpang adalah ....
|
|
a. padi, jagung
|
c. jahe, kunyit
|
|
b. mawar, padi
|
d. mawar, melati
|
|
5
|
Ciri di bawah ini yang memungkinkan hewan mencari makan
di air adalah .....
|
|
a. bentuk paruh yang lebar
|
c. mempunyai sayap
|
|
b. dapat mengubah warna kulit
|
d. mempunyai mata yang tajam
|
|
6
|
Hewan di bawah ini yang berkembangbiak dengan tunas
adalah ......
|
|
a. Hydra, anemaon laut
|
c. hydra, paus
|
|
b. pisang, hydra
|
d. hydra, anjing laut
|
|
7
|
Tumbuhan pada gambar di samping ini membutuhkan zat
…………yang berasal
dari serangga.
|
|
a. hidrogen
|
||
b. karbondioksida
|
||
c. nitrogen
|
||
d. karbonmonoksida
|
||
8
|
Hewan di samping ini
berkembangbiak dengan cara ..........
|
|
a. membelah diri
|
||
b. tunas
|
||
c. bertelur
|
||
d. beranak
|
||
9
|
Tumbuhan di bawah ini yang mempunyai persamaan cara
mencari makan dengan kantung semar
adalah ......
|
|
a. bayam
|
c. putri malu
|
|
b. venus
|
d. bunga matahari
|
|
10
|
Hewan yang berkembangbiak dengan bertelur beranak
tergolong dalam ................
|
|
a. mamalia
|
c. ovovivipar
|
|
b. ovipar
|
d. vivipar
|
|
11
|
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara vegetatif
alami adalah ..............
|
|
a. pisang
|
c. apel
|
|
b. jeruk
|
d. mawar
|
|
12
|
Hewan yang mengalami pembuahan dalam adalah
...............
|
|
a. ikan mas, katak
|
c. ikan mas, gajah
|
|
b. gajah, katak
|
d. harimau, kuda
|
|
13
|
Tumbuhan di bawah ini yang dapat dikembangbiakkan dengan
setek batang adalah ..................
|
|
a. mawar, cocor bebek
|
c. tebu, melati
|
|
b. cocor bebek, pepaya
|
d. cocor bebek, sansiveira
|
|
14
|
Peristiwa bertemunya sel jantan dengan sel betrina pada
hewan disebut ..........
|
|
a. persarian
|
c. penyerbukan
|
|
b. pembuahan
|
d. zygot
|
|
15
|
Awal masa pubertas pada anak laki-laki ditandai dengan
..........
|
|
a. menstruasi
|
c. tumbuh kumis
|
|
b. mimpi basah
|
d. suara menjadi lebih berat
|
|
16
|
Tanaman pada gambar di samping ini dapat dikembangkan
dengan cara …..
|
|
a. biji
|
||
b. setek
|
||
c. runduk
|
||
d. okulasi
|
||
17
|
Awal masa pubertas pada anak perempuan ditandai dengan
..........
|
|
a. menstruasi
|
c. tumbuh kumis
|
|
b. mimpi basah
|
d. suara menjadi lebih berat
|
|
18
|
Hewan di samping ini
berkembangbiak dengan cara ..........
|
|
a. membelah diri
|
||
b. tunas
|
||
c. bertelur
|
||
d. beranak
|
||
19
|
Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur tergolong
dalam .............
|
|
a. mamalia
|
c. ovovivipar
|
|
b. ovipar
|
d. vivipar
|
|
20
|
Hewan pada gambar di samping ini memiliki ciri khusus
……….
|
|
a. kaki untuk bertengger
|
||
b. kulit yang lembut
|
||
c. mata dan telinga yang tajam
|
||
d. gading yang runcing
|
||
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang
benar !
|
||
1
|
Cicak tidak jatuh ketika merayap di dinding karena
...........
|
|
2
|
Wortel berkembangbiak dengan menggunakan .......
|
|
3
|
Batang kaktus yang tebal berfungsi untuk................
|
|
4
|
Contoh mamalia yang hidup di laut adalah ........
|
|
5
|
Pada masa pubertas anak laki-laki telah dapat memproduksi
sel kelamin jantan yaitu ........
|
|
6
|
Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur beranak
tergolong dalam ...........
|
|
7
|
Perkembangbiakan yang memerlukan 2 induk adalah perkembangbiakan
yang bersifat .....................
|
|
8
|
Hewan seperti gambar di samping ini tidak tenggelam di
air karena ………..
|
|
9
|
Jahe, lengkuas, kunyit berkembangbiak dengan menggunakan
.........
|
|
10
|
Tanaman seperti gambar di samping memiliki ciri khusus
…..
|
|
III. Jawablah !
|
||
1
|
Sebutkan perubahan fisik anak laki-laki pada masa
pubertas !
|
|
2
|
Sebutkan perubahan fisik anak perempuan pada masa
pubertas !
|
|
3
|
Jelaskan macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami
pada tumbuhan !
|
|
4
|
Sebutkan ciri-ciri hewan yang tergolong mamalia !
|
|
5
|
Sebutkan 3 ciri khusus yang dimiliki tanaman kaktus !
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar